Wajib Tahu! Hal Sepele yang Membuat Bekas Luka Sulit Hilang

Jangan pesimis bila selama ini kesulitan menghilangkan bekas luka di kulit. Jauhi 4 hal yang ternyata berisiko menyebabkan bekas luka sulit hilang berikut ini.

Wajib Tahu! Hal Sepele yang Membuat Bekas Luka Sulit Hilang

Kulit sehat mulus tentu akan membuat Anda percaya diri. Anda tentu panik jika kulit mengalami luka. Apalagi bila luka tersebut ternyata meninggalkan bekas yang sulit hilang. Sebenarnya menghilangkan bekas luka pada kulit tidaklah sulit.

Meski demikian, ada beberapa hal sepele yang kerap diabaikan orang saat merawat bekas luka. Padahal, beberapa hal tersebut justru bisa membuat bekas luka sulit hilang. Ingin tahu apa saja yang menyebabkan bekas luka sulit hilang? Inilah ulasannya!

Kulit Sering Terpapar Sinar Matahari

Jangan menganggap remeh sinar matahari yang mengenai kulit Anda saat beraktivitas di luar ruangan. Ini karena sinar UV A dan UV B dari matahari berisiko meningkatkan produksi melanin pada kulit. Zat melanin akan membuat warna kulit tampak lebih gelap dan kusam. Bukan cuma bagian kulit lain yang menggelap, bekas luka pun semakin sulit hilang.

Alangkah lebih baik bila Anda melindungi kulit dari sinar matahari. Salah satu caranya adalah menggunakan produk perawatan kulit dengan Sun Protecting Factor (SPF) untuk menangkal dampak buruk sinar matahari.

Kelembapan Kulit Tidak Terjaga dengan Baik

Kelembapan kulit harus dijaga setiap saat. Selain mempertahankan elastisitas kulit, kelembapan juga berperan penting untuk menghilangkan bekas luka. Kondisi kulit yang kering akan mempersulit proses regenerasi sel-sel baru untuk menggantikan sel lama yang sudah rusak.

Salah satu solusi paling mudah untuk menjaga kelembapan kulit adalah menggunakan Vaseline Repairing Jelly Original secara teratur. Kandungan 100% petroleum jelly murni sangat bermanfaat bagi kulit Anda. Wonder jelly ini akan menciptakan pembatas antar sel untuk mengunci kelembapan alami kulit. Proses penyembuhan luka gores dan luka bakar pun akan berlangsung lebih cepat. Teksturnya yang ringan dan tak lengket akan cepat meresap di kulit ketika digunakan.

Kulit Kekurangan Vitamin C

Vitamin C tak hanya berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Lebih dari itu, vitamin C juga akan mendukung proses regenerasi sel, mencegah peradangan, dan mempercepat pembentukan jaringan baru pada bekas luka. Pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Selain dari konsumsi aneka buah, Anda bisa memperoleh asupan vitamin C dari produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C.

Malas Melakukan Eksfoliasi Kulit

Proses eksfoliasi kulit sangat penting untuk mempercepat hilangnya bekas luka. Jika kulit masih tertutupi sel-sel yang sudah mati, proses penyerapan nutrisi dari aneka produk perawatan kulit pun menjadi kurang maksimal. Anda harus lebih rajin melakukan eksfoliasi kulit untuk menyamarkan bekas luka.

Kulit Anda tak akan tergores atau iritasi bila Anda melakukan proses eksfoliasi dengan cara yang benar. Manfaatkan aneka jenis bahan alami seperti oatmeal, gula pasir, atau kopi bubuk untuk membuat masker sendiri di rumah. Bahan-bahan alami dengan tekstur yang agak kasar akan mendukung proses eksfoliasi kulit. Lakukan minimal seminggu sekali agar kulit Anda lebih sehat, bebas kusam, dan bekas lukanya segera hilang.

Jangan putus asa dulu jika upaya menghilangkan bekas luka yang Anda lakukan belum membuahkan hasil. Usai membaca ulasan ini, Anda pasti lebih cermat merawat kesehatan kulit. Bekas luka yang hilang akan membuat Anda kembali percaya diri sewaktu beraktivitas.

    Sumber:

    • vaseline.co.id/product/petroleum-jelly/jelly-original.html
    • livestrong.com/article/204602-how-to-remove-burn-scars-from-my-skin/
    • health.liputan6.com/read/2832265/cara-alami-menghilangkan-bekas-luka-bakar
    • lifestyle.okezone.com/read/2017/07/11/194/1733937/hilangkan-noda-hitam-bekas-luka-bakar-dengan-lidah-buaya-ini-caranya
    • alodokter.com/ini-manfaat-vitamin-c-untuk-kulit-anda