Sudah Pakai Payung, Masihkah Perlu SPF?

Sebagian orang mengira penggunaan payung dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Apakah anggapan tersebut benar?

Menggunakan payung merupakan salah satu cara untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meski dipercaya mampu melindungi kulit dari sinar matahari, tidak semua payung memberikan manfaat perlindungan yang sama. Payung berwarna gelap, berukuran besar, dan bebahan tebal akan memberikan manfaat perlindungan lebih maksimal bagi kulit.

 

Kondisi lingkungan sekitar juga turut memengaruhi paparan sinar matahari. Faktor lingkungan seperti air, salju, kaca, atau pasir dapat memantulkan sinar matahari secara kuat. Karena itu, radiasi ultraviolet tetap bisa menyebabkan kulit terbakar walaupun sudah mengenakan payung. Menggunakan payung belum cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

 

Varian produk perawatan kulit di pasaran semakin beragam. Semua orang dapat mendapatkan produk pelembap kulit berkualitas dengan kandungan SPF lotion. Pelembap yang dilengkapi SPF lotion mampu menjaga kesehatan dan kelembapan kulit sekaligus melindunginya dari dampak kulit terbakar akibat paparan sinar matahari.

 

Usahakan untuk selalu memilih SPF lotion dengan kandungan SPF minimal 24. Oleskan kembali SPF lotion setiap 2-4 jam bila Anda beraktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu lama.

Sudah Pakai Payung, Masihkah Perlu SPF?
  • 1
    Tips dari Vaseline

    Payung tidak melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara maksimal. Karena itu, Anda harus menggunakan SPF lotion untuk membantu melindung kulit dari terpaan matahari. Untuk aktivitas luar ruangan sehari-hari, Anda bisa gunakan Vaseline Healthy White SPF 24. Dengan bahan-bahan aman, seperti Vitamin B3 alami dan penghambat melanin khusus yang menghentikan produksi melanin, SPF 24 dan PA++ akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Kulit Anda akan terjaga kecerahannya dan terhindari dari kerusakan lebih lanjut menjaga kecerahan kulit dari kerusakan lebih lanjut.

     

    Ditulis oleh:
    dr Meliawati SpKK
    Anggota Redaksi Medis