Apakah Perawatan Spa dan Sauna Baik untuk Kulit?

Perawatan spa dan sauna kini jumlahnya semakin menjamur. Apakah spa bisa melembapkan kulit? Yuk, simak info lengkap fungsi spa bagi kesehatan dan kulit.

Ada berbagai program perawatan kecantikan yang ditawarkan untuk kaum wanita. Salah satunya adalah perawatan spa dan sauna. Apakah jenis perawatan ini dapat membantu melembapkan kulit? Yuk, simak apa saja fungsi dari perawatan tersebut.

 

Secara harfiah, spa dapat diartikan sebagai fountain atau air mancur. Spa juga sering dikaitkan dengan bahasa latin “spargere”, yang berarti percikan atau melembapkan. Pada dasarnya, spa adalah kegiatan mandi dengan air yang bertujuan untuk mengobati penyakit. Dengan berendam di sumber air tertentu, spa dipercaya dapat memurnikan kondisi fisik, batin, dan spiritual seseorang.

 

Saat ini spa dikembangkan menjadi suatu prosedur nonmedis yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, spa tidak cuma digunakan untuk membantu menjaga kesehatan seseorang, tetapi juga mempertahankan kecantikan alami.

Apakah Perawatan Spa dan Sauna Baik untuk Kulit?

Seiring perkembangan zaman, terdapat berbagai macam jenis dan modifikasi perawatan spa. Beberapa variasi spa populer antara lain aromaterapi, steambath, sauna, berendam dalam air hangat atau lumpur khusus, serta kombinasi spa dengan pijat dan/atau body wraps.

Apakah spa baik untuk kesehatan kulit?

Berendam dalam air akan membuat sel kulit terhidrasi dengan baik. Proses memijat yang menjadi bagian dari spa juga akan mengurangi ketegangan otot dan memperlancar sirkulasi darah. Namun, alangkah baiknya bila spa diakhiri dengan penggunaan produk pelembap kulit. Selain berfungsi sebagai barrier yang membantu melembapkan kulit , pelembap juga dapat menutrisi kulit.

Sauna terkadang menjadi bagian dari perawatan spa atau kegiatan terpisah seperti sebagai fasilitas di pusat kebugaran. Sauna merupakan ruangan khusus yang didesain untuk menghasilkan panas. Supaya tetap nyaman, biasanya kelembapan dalam ruangan juga akan dijaga menggunakan air.

Panas yang ditimbulkan ruang spa akan menyebabkan penguapan cairan dari dalam tubuh. Tubuh akan mengalami peningkatan batas toleransi terhadap panas serta peningkatan performa dan ketahanan saat berolahraga.

Penguapan yang terjadi bisa menyebabkan dehidrasi dan gangguan keseimbangan elektrolit jika tidak diimbangi konsumsi air yang cukup. Karena itu, aktivitas sauna mesti diimbangi dengan asupan cairan dan perawatan untuk menjaga kelembapan kulit. Panas dan penguapan di ruang sauna dapat menghilangkan kelembapan alami kulit.

    Tips dari Vaseline


    Sebaiknya orang dengan karakteristik kulit kering tidak terlalu sering melakukan sauna. Ini karena sauna akan membuat kulit Anda bertambah kering. Biasakan pula untuk menggunakan Vaseline Intensive Care Advanced Strength setelah sauna. Lotion ini diformulasikan cepat meresap dan membantu perbaikan kulit dari dalam tanpa meninggalkan rasa lengket. Niscaya ketelitian Anda saat melembapkan kulit akan membuat Anda tampak sehat dan menarik sepanjang hari.


    Ditulis oleh:
    dr Meliawati SpKK
    Anggota Redaksi Medis


    Cari tahu lebih banyak tentang tips dan fakta kulit sehat di halaman Kesehatan Kulit. >