Penyebab Kulit Kering

Masalah kulit kering bukanlah hal asing bagi sebagian orang. Sebenarnya, hal apa menyebabkan kulit jadi kering? Berikut info medis dari dr Melyarna Putri.

Sebagian besar orang kerap mengalami kondisi kulit kering. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah xerosis kutis atau asteatosis dalam dunia medis. Kulit yang terasa kasar dan bersisik adalah indikasi terjadinya kulit kering. Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin besar risiko terjadinya kulit kering pada orang tersebut.
 
Beberapa bagian tubuh yang sering mengalami kulit kering adalah tulang kering, bagian bawah panggul, dan punggung bagian belakang. Kondisi kulit kering yang parah bahkan bisa terjadi pada wajah.
Sebenarnya kulit memiliki lapisan pelindung yang disebut dengan skin barrier. Lapisan ini terdapat pada pada bagian kulit paling atas dan dikenal dengan istilah stratum corneum atau lapisan tanduk.
Penyebab Kulit Kering
Menurut jurnal yang ditulis oleh Ghadially dkk, kelainan fungsi barrier terjadi pada kondisi kulit kering . Awalnya, kondisi ini sering tidak disadari oleh penderitanya. Namun, kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan cracking (kulit pecah-pecah) jika dibiarkan. Ketika terbentuk celah pada lapisan kulit (cracking), risiko infeksi kulit akan meningkat. Ini akan membuat kulit terasa gatal, panas, dan tidak nyaman.
  • 1
    Sebenarnya, apa yang menyebabkan kulit kering?
    Kondisi kulit yang kering dapat disebabkan faktor dari dalam (internal) dan luar (eksternal) tubuh. Faktor internal antara lain kondisi kekurangan gizi, penurunan fungsi ginjal, dan kelainan kulit bersifat bawaan. Kelainan bawaan yang umum adalah kondisi kulit kering yang parah (iktiosis vulgaris) serta kelainan akibat alergi (atopi).
     
    Kelembapan kulit ditentukan oleh kandungan air di stratum corneum, derajat penyerapan air, dan kandungan lemak kulit. Kandungan air dan derajat penyerapan air akan menurun seiring bertambahnya usia. Sebum atau lemak di kulit berfungsi sebagai pelumas bagi stratum corneum. Ini membuat berkurangnya produksi lemak menyebabkan kulit lebih kering.
     
    Menurut jurnal yang ditulis Ghadially dkk, produksi lemak dalam stratum corneum yang terdiri atas seramid, kolesterol, dan asam lemak bebas juga berkurang seiring bertambahnya usia. Penurunan ketiga zat tersebut menyebabkan kelembapan kulit berkurang sejak usia 20 tahun dan mencapai puncaknya pada usia 50 tahun. 
     
    Saat mencapai usia 50 tahun, mayoritas wanita biasanya akan memasuki fase menopause. Fase ini ternyata juga memengaruhi kondisi kulit. Penurunan produksi hormon estrogen dalam tubuh wanita mengakibatkan penurunan jumlah kolagen. Hal ini membuat elastisitas kulit jadi berkurang, kulit semakin kering, dan menimbulkan keriput. Terapi hormonal menjadi salah satu cara mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit pascamenopause.
     
    Faktor eksternal penyebab kulit kering bisa terjadi karena suhu udara yang dingin, iklim yang kering, dan kebiasaan mandi atau berendam dalam waktu yang lama. 
  • 2
    Tips dari Vaseline

    Hindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengurangi kesehatan kulit Anda. Gunakanlah rangkaian body lotion dari Vaseline secara rutin. Formula Vaseline dapat meresap dengan cepat, tidak lengket, dan akan menjaga kulit tetap lembap lebih lama.


    Ditulis oleh:

    dr Meliawati SpKK

    Anggota Redaksi Medis

    Klikdokter.com


    Referensi:

    1. Bolognia JL, Jorizzo JL, Rapini RP, editors. Dermatology. 3rd ed. Mosby: New York; 2012

    2. Racial (ethnic) differences in skin properties: the objective data.Wesley NO, Maibach HI. Am J Clin Dermatol. 2003; 4(12):843-60.

    3. The aged epidermal permeability barrier. Structural, functional, and lipid biochemical abnormalities in humans and a senescent murine model. 

            Ghadially R, Brown BE, Sequeira-Martin SM, Feingold KR, Elias PMJ Clin Invest. 1995 May; 95(5):2281-90.

    4. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3912848/

    5. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3772914/

    6. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2685269/#b90-cia-2-283

    7. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3026089/

    8. onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/exd.12832/full

    9. dujs.dartmouth.edu/2013/01/why-does-your-skin-age/#.VupTzpb-LqA

    10. jidonline.org/article/S0022-202X(15)45541-1/abstract

ANDA MUNGKIN AKAN MENYUKAI