Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari: Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Kulit yang terbakar sinar matahari biasanya menjadi kemerahan dan perih. Bagaimana cara memulihkannya?

Tinggal di negara tropis membuat kulit rentan terbakar dan menggelap karena sinar matahari. Kulit dapat terbakar kapan saja, terutama saat tidak dilindungi SPF lotion atau pakaian dan pelindung lainnya.


Tidak semua orang memiliki risiko gangguan kulit yang sama. Namun, orang yang warna kulitnya cerah memiliki risiko kulit terbakar lebih besar dibandingkan orang berkulit gelap.

Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari: Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Kulit terbakar akan menimbulkan peradangan pada kulit dan harus diatasi sesegera mungkin. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Setelah terlindung dari paparan sinar matahari, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Mandi dengan air dingin untuk menurunkan temperatur kulit yang terbakar. Setelah mandi, tepuk halus bagian kulit yang terbakar dengan handuk. Hindari mengelap kulit sampai terlalu kering. Biarkan kulit Anda agak lembap lalu segera oleskan pelembap untuk mempertahankan kandungan air pada kulit saat mandi.

  • Minum air dalam jumlah yang cukup. Kulit terbakar akan menyebabkan penguapan cairan tubuh secara berlebihan. Anda perlu memperhatikan kebutuhan cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

  • Bila kulit terbakar hingga melepuh, jangan pecahkan gelembung-gelembung berisi air yang terbentuk saat kulit melepuh. Memecahkan gelembung-gelembung tersebut malah dapat menimbulkan infeksi. Biarkan sampai gelembung-gelembung pada permukaan kulit Anda sembuh dengan sendirinya

  • Anda juga dapat menggunakan obat pengurang rasa nyeri yang dijual di pasaran bila nyeri kulit terasa sangat mengganggu.

  • Jika Anda masih merasa tidak nyaman, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Biasanya dokter akan menambahkan penggunaan anti-inflamasi topikal untuk mengatasi gangguan pada kulit Anda

  • Berikan perhatian ekstra pada bagian kulit yang terbakar agar terlindungi dari sinar matahari. Hal ini sangat penting untuk mempercepat proses pemulihan kulit yang terbakar.

Kulit yang terbakar sinar matahari bukan kondisi sesaat yang hanya memengaruhi kenyamanan Anda. Efek jangka panjang dari kondisi kulit terbakar juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Karena itu, jangan pernah lupa menggunakan SPF lotion saat Anda beraktivitas di luar ruangan.


Tips dari Vaseline


Untuk menghindari risiko kulit terbakar, gunakan SPF lotion Vaseline Healthy Sunblock SPF 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa aplikasikan kembali SPF lotion setiap 2-4 jam jika Anda beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama. Vaseline Healthy Sunblock akan melembabkan dan mencegah pembentukan melanin akibat paparan sinar UVA dan UVB. SPF 30, Broad Spectrum Sunscreen PA++, Yogurt Protein, dan Aloe Vera Extract akan membantu memperbaiki kulit kering, membuatnya lebih sehat dan terlindungi dari sinar matahari.


Ditulis oleh:
dr Meliawati SpKK
Anggota Redaksi Medis


Cari tahu lebih banyak tentang tips dan fakta kulit sehat di halaman Kesehatan Kulit. >