Lima Bagian Tubuh yang Harus Dilindungi dari Sinar UV

Sinar UV berpotensi merusak sel-sel kulit Anda. Selain wajah, manakah bagian tubuh lainnya yang harus Anda lindungi?

Tinggal di negara beriklim tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun tentunya memiliki keunggunaln tersendiri. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di luar ruangan tanpa khawatir terganggu cuaca hujan. Meski demikian, Anda harus berhati-hatilah terhadap bahayasinar UV (ultraviolet)yang mengintai di balik kesenangan tersebut. 


Tingginya intensitas sinar matahari menyebabkan paparan sinar UV pada kulit juga meningkat. Paparan sinar UV yang berlangsung lama dan terus-menerus juga dapat membahayakan kesehatan kulit. Gangguan kulit yang bisa ditimbulkan paparan sinar UV antara lain sunburn, penuaan dini, serta meningkatnya risiko kanker kulit. 


Untuk mengurangi dampak buruk tersebut, Anda harus mulai membiasakan diri menggunakan SPF lotion. Selain itu, sebaiknya hindari paparan sinar matahari antara pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Ada beberapa bagian tubuh yang wajib mendapatkan perlindungan maksimal dari dampak buruk sinar matahari.

Lima Bagian Tubuh yang Harus Dilindungi dari Sinar UV
  • 1
    Wajah

    Tentu saja wajah menjadi bagian tubuh yang pertama kali dilindungi saat terkena sinar matahari. Jika Anda biasanya cuek dengan penampilan, sekarang harus mulai memperhatikan dampak buruk sinar UV bagi kulit wajah. Anda pun bebas dari risiko penuaan dini yang mengganggu penampilan.

  • 2
    Kulit kepala

    Kulit kepala hampir selalu terkena paparan sinar UV bila tidak dilindungi. Karena itu, kulit kepala perlu mendapat perhatian khusus jika Anda berambut tipis. Gunakanlah jaket ber-hoodie, topi, atau payung saat ke luar rumah untuk melindungi kesehatan kulit kepala.

  • 3
    Telinga

    Kulit telinga lebih mudah terpapar sinar UV dibandingkan bagian tubuh lain. Hal ini membuat Anda tak boleh lalai mengoleskan SPF lotion pada daun telinga. Anda juga dapat menggunakan topi berukuran lebar agar telinga terlindungi dari paparan sinar UV.

  • 4
    Tengkuk

    Saat Anda menggunakan pakaian yang agak terbuka, bagian tengkuk tentu mudah terpapar sinar UV. Hal ini juga kerap terjadi pada pria (karena potongan rambut yang pendek) atau wanita yang sering mengikat rambutnya ke atas. Karena itu, bagian tengkuk tidak boleh luput dari SPF lotion.

  • 5
    Punggung tangan dan kaki

    Tangan dan kaki merupakan anggota gerak tubuh yang selalu aktif ketika Anda beraktivitas. Kedua bagian tubuh ini juga hampir selalu berada dalam keadaan “terbuka”. Ini membuat bagian tangan dan kaki paling rentan terpapar sinar UV. Karena itu, Anda harus lebih teliti mengaplikasikan SPF lotion pada bagian tangan dan kaki.

Tips dari Vaseline


Kini Anda sudah tahu bagian tubuh yang rentan terpapar sinar UV. Jangan lupa gunakan sunblock dan mengulangi penggunaannya setiap 2-4 jam sekali saat berada di luar ruangan. Bila perlu, tambahkan perlindungan lainnya untuk menghalangi sinar UV, seperti penggunaan topi, kacamata hitam, payung, jaket, dan perlengkapan lainnya.


Vaseline Healthy Sunblock SPF30 akan memberikan perlindungan maksimal bagi kulit. Vaseline Healthy Sunblock SPF30 mengandung nutrisi alami dan formula khusus yang mudah meresap ke kulit. Keep safe and have fun in the sun!


Cari tahu lebih banyak tentang tips dan fakta kulit sehat di halaman Kesehatan Kulit. >