Kulit Tangan Mencerminkan Usia Anda Sebenarnya

Ada salah satu bagian tubuh yang tidak bisa "berbohong" soal usia Anda. Bagian itu adalah tangan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Ada beragam perawatan kulit yang dilakukan seseorang agar terlihat lebih muda, terutama untuk bagian wajah. Namun, usaha tersebut akan sia-sia karena ada beberapa bagian tubuh tidak bisa “berbohong”. Salah satunya adalah tangan.

 

Usia Anda sebenarnya dapat tercermin dari kulit tangan. Pernah lihat seseorang yang sudah memasuki usia senja tetapi wajahnya terlihat awet muda? Coba perhatikan bagian tangannya. Keriput dan pembuluh darah di tangan akan kontras dengan kulit wajah yang kencang.

 

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering terkena paparan sinar ultraviolet (UV) atau berhubungan langsung dengan berbagai jenis zat. Kulit tangan juga biasanya tidak mendapat perawatan kulit khusus. Karena itu, kulit tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang dapat mencerminkan usia Anda sesungguhnya.

 

Tanda-tanda penuaan yang dapat terlihat pada kulit tangan yaitu timbulnya bercak cokelat atau hitam, keriput, dan pembuluh darah yang terlihat jelas. Biasanya hal ini mulai terjadi di usia 40-an. Tanda penuaan pada kulit tangan bahkan lebih awal bila sering terpapar sinar UV.

Kulit Tangan Mencerminkan Usia Anda Sebenarnya

Rajin Menggunakan SPF Lotion


Anda tidak membutuhkan perawatan ekstra untuk tangan. Rajin menggunakan SPF lotion dan pelembap sudah cukup untuk perawatan kulit tangan. Bila selama ini hanya menggunakan SPF lotion dan pelembap wajah, mulailah membiasakan diri untuk menggunakannya pada tangan.


Penggunaan SPF lotion dan pelembap pada tangan bisa dilakukan secara lebih sering. Ini karena intensitas mencuci tangan pasti lebih sering dibandingkan wajah. Anda yang terbiasa menyetir kendaraan atau melakukan aktivitas di luar ruangan juga mesti lebih sering menggunakan SPF lotion pada tangan.

  • 1
    Gunakan Krim Wajah pada Tangan

    Setiap selesai menggunakan krim wajah, oleskan sisa krim di jari tangan ke punggung tangan. Kulit tangan pun bisa memperoleh nutrisi yang sama dengan wajah.

  • 2
    Cuci Tangan Seperlunya

    Cuci tangan tidak perlu berlebihan. Air dapat mengikis kelembapan alamiah kulit, apalagi bila ditambahkan sabun. Aplikasikan pelembap setelah mencuci tangan untuk mengembalikan kelembapannya.


    Kebiasaan merawat kulit tangan yang dilakukan sedini mungkin akan segera menunjukkan hasil maksimal. Tangan pun bisa tetap awet muda sama seperti wajah Anda.

Tips dari Vaseline

 

Lengkapi perawatan kulit Anda dengan Vaseline Healthy White SPF 30 Serum. Agar tidak lupa menggunakannya, bawalah selalu serum pelembap ini di tas Anda. Kandungan Vitamin B3 alami dalam serumnya dapat menghambat produksi melanin. Kulit Anda pun akan terlindung dari kerusakan lebih lanjut. Bila memungkinkan, gunakan pula sarung tangan untuk melindungi tangan, saat Anda melakukan pekerjaan kasar.

 

Ditulis oleh:
dr Meliawati SpKK
Anggota Redaksi Medis


Cari tahu lebih banyak tentang tips dan fakta kulit sehat di halaman Kesehatan Kulit. >