Kiat Atasi Kulit Kering saat Berpuasa

Kulit kering saat berpuasa merupakan hal yang sering dialami banyak orang. Yuk, baca cara mengatasinya di sini!

Selama berpuasa, kulit cenderung mudah mengalami dehidrasi sehingga tampak kering dan kusam. Hal ini juga diperparah oleh perubahan pola tidur yang menyebabkan wajah terlihat lelah dan kurang bersemangat. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

Kiat Atasi Kulit Kering saat Berpuasa

Kiat-kiat berikut ini dapat Anda lakukan untuk mempertahankan kulit sehat , bersih, dan cerah selama bulan suci Ramadan:

  • Setelah seharian berpuasa, pastikan Anda berbuka dengan makanan berkuah, contohnya sup. Jangan lupa pula untuk minum air minimal delapan gelas sebelum Anda mulai berpuasa kembali sejak dini hari.
  • Hindari minuman yang mengandung soda dan kafein karena akan menyerap kandungan mineral tubuh. Ini akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi.
  • Selama Ramadan, lingkaran gelap di sekitar mata akan mudah muncul. Hal ini terjadi karena perubahan pola tidur. Istirahatkan mata Anda dengan kantong teh sebagai kompres mata. Anda juga sebaiknya tidur minimal delapan jam setiap hari. Mengurangi konsumsi garam juga dapat mencegah mata sembab.
  • Gunakan tabir surya pada pagi dan siang hari selama berpuasa. Nutrisi dalam tabir surya akan melindungi kondisi kulit Anda agar tidak kering dan mudah iritasi.
  • Mulailah mengonsumsi makanan yang lebih bervariasi. Berpuasa sering membuat kulit kusam karena tubuh kekurangan nutrisi vitamin dan mineral. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi sejak berbuka puasa. Jadi, jika Anda tetap menjalani pola hidup sehat selama bulan Ramadan, niscaya Anda akan tetap memiliki kulit sehat.
  • Konsumsi aneka buah dan sayuran segar harus dilakukan secara rutin selama bulan Ramadan. Kandungan vitamin dan mineral pada buah dan sayur turut memenuhi asupan nutrisi dan kebutuhan air bagi kulit Anda.
  • Gunakan produk pelembap selama berpuasa. Jangan sampai Anda lalai menjaga kesehatan kulit. Segera gunakan produk pelembap setelah membersihkan wajah dan tubuh. Berpuasa dapat menyebabkan tubuh dan kulit kekurangan cairan. Konsumsi air dalam jumlah cukup dan penggunaan produk pelembap sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Anda bisa menambah intensitas penggunaan produk pelembap selama berpuasa bila Anda memang memerlukannya. Jangan lupa gunakan produk pelembap khusus bibir agar bibir Anda senantiasa sehat dan bebas pecah-pecah.
  • Bawalah spray penyegar wajah di dalam tas. Semprotkan cairan ini setiap kali Anda merasa membutuhkannya. Spray penyegar sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Jangan gunakan riasan terlalu tebal karena dapat membuat kulit semakin kering dan mudah mengalami iritasi.
  • Menjalani ibadah puasa bukan berarti puasa berolahraga. Anda bisa tetap olahraga seperti biasa. Olahraga membuat metabolisme tubuh Anda tetap baik. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur waktu olahraga agar tidak mengganggu waktu puasa. Olahraga bisa dilakukan saat malam setelah waktu berbuka puasa.

Bulan suci Ramadan merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk mulai mengatur pola hidup sehat. Persiapan lahir dan batin yang matang akan membuat ibadah Anda lebih bermakna.

    Tips dari Vaseline
    Kulit cenderung mudah dehidrasi selama berpuasa. Perubahan pola tidur juga menyebabkan wajah terlihat lelah dan kurang bersemangat. Tetap jaga kelembapan kulit Anda selama Ramadan dengan rangkaian produk dari Vaseline.

     

    Ditulis oleh: dr Meliawati SpKK
    Anggota Redaksi Medis
    Klikdokter.com


    Cari tahu lebih banyak tentang tips dan fakta kulit sehat di halaman Kesehatan Kulit. >