Rahasia Kulit Tetap Awet Muda

Jangan jadikan krim malam sebagai satu-satunya penolong masalah kulit. Agar kulit senantiasa awet muda, perawatan dari dalam juga tak kalah penting.

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan akan mulai terlihat. Beberapa tanda penuaan adalah munculnya garis-garis kerutan pada wajah, kulit tampak kendur, kering, atau timbulnya flek hitam.

 

Meski tidak dapat dihentikan, proses penuaan dapat diperlambat. Mari cermati delapan rahasia perawatan kulit untuk awet muda berikut ini:

Rahasia Kulit Tetap Awet Muda

Teratur Membersihkan Kulit Wajah

Jangan lupa gunakan produk pembersih lembut yang tidak mengandung detergen dan hindari menggosok kulit terlalu kuat. Kandungan detergen dan gesekan pada kulit dapat memicu terjadinya iritasi yang lambat laun akan mempercepat penuaan.


Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Banyak penelitian membuktikan sinar matahari bisa membuat kulit lebih cepat menua. Untuk menghindari hal ini, hindari sinar matahari terutama antara pukul 10:00-14:00.


Aplikasikan SPF lotion secara rutin untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Topi lebar, pakaian dengan lengan panjang/celana panjang, dan kacamata gelap juga membantu membatasi paparan sinar matahari langsung. Kombinasi jenis pakaian yang tepat dan penggunaan SPF lotion akan meminimalkan risiko penuaan dini secara maksimal.


Gunakan Pelembap Setiap Hari

Seiring bertambahnya usia, produksi kelenjar minyak pada kulit juga akan berkurang. Hal ini turut diperparah dengan paparan sinar matahari, radikal bebas, cuaca, dan faktor lingkungan lainnya.

Kulit yang kering akan memicu munculnya garis-garis halus hingga keriput. Jagalah kelembapan kulit dengan penggunaan pelembap secara teratur. Menggunakan pelembap sesaat setelah mandi akan “mengunci” kelembapan kulit secara maksimal.


Gunakan Krim Malam

Selain membersihkan wajah, menggunakan krim perawatan malam juga penting. Krim ini akan membantu regenerasi kulit secara teratur. Sel kulit mati juga tidak akan menumpuk di permukaan kulit.

Warna kulit Anda akan lebih merata, tekstur kulit lebih halus, serta kelembapan dan kekenyalan kulit lebih terjaga. Selain perawatan rutin, sebaiknya lakukan juga perawatan tambahan seperti peeling untuk membantu merangsang regenerasi sel kulit.


Berhenti Merokok

Asap rokok menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan kasar. Kontraksi otot wajah saat merokok juga menyebabkan timbulnya garis-garis keriput di wajah, terutama di sekitar bibir.


Konsumsi Makanan Sehat

Kandungan gizi dari konsumsi makanan sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Usahakan untuk mengonsumsi berbagai variasi makanan bergizi untuk mencukupi kebutuhan organ tubuh, termasuk kulit. 


Hati-hati dengan diet untuk menurunkan berat badan. Ukuran tubuh yang menyusut secara berlebihan dapat menyebabkan kulit terlihat kendur dan menua.


Tidur Cukup

Tidur adalah waktu yang tepat memperbaharui sel-sel tubuh dan meningkatkan kualitas metabolisme. Namun, posisi tidur tertentu justru bisa menyebabkan timbulnya garis kerutan pada wajah.
Bantal dapat memberikan tekanan pada wajah. Karena itu, biasakan diri untuk tidur dengan posisi telentang. Tekanan yang terjadi saat wajah menempel dengan bantal pun dapat diminimalkan.


Olahraga

Berbagai studi mengungkapkan olahraga dengan intensitas yang tepat dapat melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tentu saja hal ini akan membuat kulit senantiasa sehat dan tampak awet muda.

    Tips dari Vaseline


    Perawatan kulit secara intensif adalah investasi jangka panjang. Memulai perawatan kulit sedini mungkin akan membuat manfaatnya jadi semakin maksimal. Dapatkan 10 manfaat dalam satu lotion Vaseline Healthy White Perfect 10 untuk mencerahkan dan mencegah penuaan kulit. Kandungan AHA dan Pro-Retinol dalam lotion ini akan membantu proses peremajaan kulit. Dengan triple sunscreens, kulit Anda akan terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB. Mari awali perawatan dari kebiasaan sehari-hari. Tidak ada kata terlambat untuk memiliki kulit yang sehat dan awet muda.



    Ditulis oleh:
    dr Meliawati SpKK
    Anggota Redaksi Medis


    Cari tahu lebih banyak tentang tips dan fakta kulit sehat di halaman Kesehatan Kulit. >