Cara Mudah Rawat Kulit selama Hamil

Selain memperhatikan calon buah hati, kesehatan kulit selama hamil juga sangat penting. Lakukan perawatan kulit sensitif secara teratur dalam masa kehamilan.

Kesehatan calon buah hati selama masa kehamilan memang sangat penting. Namun, Anda juga harus lebih telaten merawat kulit selama masa kehamilan. Perubahan hormon selama hamil bisa membuat kulit jadi lebih sensitif. Sebenarnya perawatan kulit sensitif di masa kehamilan tidaklah sulit. Lakukan beberapa cara berikut agar kulit Anda senantiasa sehat.
Cara Mudah Rawat Kulit selama Hamil

Teratur Gunakan Pelembap Kulit

Pelembap kulit adalah produk perawatan utama yang harus digunakan selama masa kehamilan. Anda harus memilih pelembap kulit yang kandungannya aman bagi kesehatan Anda dan calon buah hati. Salah satu pilihan pelembap yang bisa menjadi andalan Anda adalah Vaseline Petroleum Jelly Original. Kandungan 100 petroleum jelly sangat aman dan bermanfaat bagi kelembapan kulit.

Tekstur Vaseline Jelly sangat lembut, tidak menyumbat pori-pori, dan tidak menimbulkan alergi. Produk Vaseline ini akan mencegah kulit kering dan pecah-pecah. Anda bisa menggunakan Vaseline Jelly untuk mengantisipasi kemunculan strecth mark pada lipatan kulit di sekitar perut, paha, dan bokong. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian nyaman juga bisa memengaruhi kesehatan kulit selama hamil. Selalu kenakan pakaian yang ukurannya longgar dan bahannya mudah menyerap keringat. Ini agar kulit Anda lebih mudah bernapas dan risiko iritasi bisa diminimalkan. Pakaian sempit dan tebal akan menimbulkan gesekan kulit yang rentan mengakibatkan iritasi. Kemunculan iritasi tersebut tentu akan membuat Anda merasa kurang nyaman saat beraktivitas.

Minum Air Putih dalam Jumlah Cukup

Konsumsi air putih juga sangat penting dalam proses perawatan kulit sensitif selama hamil. Jika tubuh Anda mendapatkan asupan air cukup, risiko dehidrasi pun dapat diminimalkan. Kulit Anda akan selalu lembap dan terhindar dari risiko iritasi. Anda juga bisa mendapatkan asupan air dari hidangan berkuah atau konsumsi buah yang mengandung banyak air.

Santap Aneka Bahan Makanan Bergizi

Bahan makanan bergizi yang Anda santap saat hamil ternyata tak hanya baik untuk tumbuh kembang calon buah hati. Asupan gizi tersebut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. Kulit juga membutuhkan protein, vitamin, dan mineral agar selalu sehat. Proses regenerasi sel kulit akan berlangsung maksimal jika kebutuhan gizinya senantiasa tercukupi. Jadi, jangan ragu menyantap aneka bahan makanan bergizi seperti daging dan ikan, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran demi menjaga kesehatan kulit.

Lakukan Eksfoliasi secara Teratur

Wanita hamil sebaiknya tak malas melakukan proses eksfoliasi kulit. Supaya tumpukan sel-sel kulit mati tidak membuat kulit kelihatan kusam. Anda bisa membuat masker kulit berbahan alami dari bubuk kopi, oatmeal, atau gula pasir yang aman bagi kulit. Utamakan eksfoliasi di bagian lipatan kulit.

Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Saat tidur, kulit akan melakukan proses regenerasi sel. Memiliki waktu tidur cukup dapat membantu regenerasi sel-sel kulit berlangsung sempurna. Anda tak akan terganggu oleh sel-sel kulit mati yang kusam dan segera digantikan sel-sel kulit baru yang sehat. Usahakan untuk selalu tidur selama 7-8 jam sehari agar kulit selalu sehat.

Ulasan tentang perawatan kulit sensitif bagi ibu hamil ini akan mempermudah Anda untuk menjaga kesehatan kulit setiap saat. Memiliki kulit sehat dan awet muda selama hamil bukanlah hal mustahil bagi Anda.

    Sumber:
    • vaseline.co.id/product/petroleum-jelly/jelly-original.html
    • lifestyle.kompas.com/read/2010/04/06/
      07464664/9.Cara.Merawat.Kulit.Saat.Hamil
    • family.fimela.com/seputar-kehamilan/hamil-sehat/tips-merawat-kulit-agar-tetap-mulus-selama-hamil-130321u.html
    • rockingmama.id/post/bingung-cara-merawat-kulit-saat-hamil-ini-3-langkah-menjaga
    • lifestyle.kompas.com/read/2016/12/06/210500623/
      perawatan.kulit.yang.aman.untuk.ibu.hamil