Cara Merawat Bayi Baru Lahir Dan Masalah Kulit Yang Kerap Terjadi

Merawat kulit bayi tak sesulit yang Anda bayangkan. Kalau Anda melakukannya secara telaten dan higienis, buah hati Anda pasti terhindar dari masalah kulit.

Merawat bayi yang baru lahir memang harus dilakukan secara telaten. Ini karena bayi baru lahir belum memiliki daya tahan tubuh seperti orang dewasa. Itulah sebabnya bayi baru lahir rentan terserang penyakit. Terutama penyakit yang berhubungan dengan kulit.

Kulit bayi baru lahir sangat sensitif dan rentan mengalami penyakit. Sebagai organ terluar, kulit berfungsi melindungi bagian tubuh lainnya. Selain menguasai cara merawat bayi baru lahir secara umum, Anda juga harus terampil merawat kulit bayi.

4 Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Kesehatan Kulitnya Tetap Terjaga

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Dan Masalah Kulit Yang Kerap Terjadi

Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Pancaran sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan bayi. Sinar matahari akan membantu tubuh bayi memproduksi vitamin D. Namun, paparan sinar matahari berlebihan pada siang dan sore hari ternyata bisa berdampak buruk.

Kandungan UV A dan UV B pada sinar matahari berisiko merusak kulit bayi. Gangguan kulit ringan ditandai dengan munculnya ruam dan sensasi terbakar. Gangguan kulit serius dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Jaga Kelembapan Kulit Bayi

Bila kulit bayi selalu terjaga kelembapannya, risiko kulit pecah-pecah dan iritasi dapat diminimalkan. Kini Anda bisa menggunakan Vaseline Intensive Aloe Soothe Lotion yang aman bagi kulit bayi. Produk Vaseline ini mengandung ekstrak lidah buaya alami yang berkhasiat untuk melembapkan kulit.

Teksturnya lembut dan cepat meresap di kulit sehingga tak menimbulkan rasa lengket. Jika kulitnya senantiasa lembap, pasti bayi Anda merasa nyaman sepanjang hari dan tak mudah rewel.

Atasi Biang Keringat secara Efektif

Biang keringat rentan membuat bayi rewel karena sensasi rasa gatal dan tak nyaman. Jadi, masalah biang keringat memang butuh ketelatenan agar lekas sembuh. Anda wajib menjaga kebersihan tubuh bayi secara teratur.

Selain mandi dua kali sehari, jangan lupa segera ganti pakaian bayi yang sudah kotor atau basah oleh keringat. Gunakan bedak bayi yang sudah direkomendasikan oleh dokter anak agar bercak biang keringatnya lekas mengering dan sembuh.

Menanggulangi Ruam Popok

Hampir sama seperti biang keringat, ruam popok juga akan membuat bayi Anda jadi rewel. Biasanya akan timbul bercak merah dan ruam yang terasa gatal di sekitar bokong bayi. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, sebaiknya Anda segera mengganti merek popok. Selain itu, Anda bisa mengandalkan popok konvensional yang teksturnya lebih lembut dan aman bagi kulit bayi.

Jangan panik dulu jika bayi baru lahir sedang mengalami masalah kulit. Segera cari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Supaya kulit bayi Anda kembali sehat, yuk jadi orang tua siaga yang selalu memperhatikan kesehatan buah hati.

    Sumber:

    • vaseline.co.id/product/intensive-care/lotions/intensive-care-aloe-soothe-lotion.html
    • lifestyle.kompas.com/read/2010/08/09/12221766/
      inilah.masalah.kulit.yang.paling.sering.dialami.bayi
    • alodokter.com/6-trik-merawat-kulit-bayi-baru-lahir-bunda-wajib-baca
    • ayahbunda.co.id/bayi-gizi-kesehatan/
      11-kondisi-bayi-baru-lahir-yang-membuat-ibu-panik