Benarkah Kandungan dalam SPF Lotion Bisa Memicu Kanker Kulit?

Enggan memakai SPF lotion karena takut kandungannya dapat memicu kanker kulit? Yuk, baca dulu fakta sebenarnya berikut ini.

SPF lotion diformulasikan khusus untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV) matahari. Namun, masih ada sebagian orang yang enggan memakai SPF lotion. Salah satu alasannya adalah dugaan beberapa kandungan dalam SPF lotion justru dapat memicu kanker kulit. 


Mitos ini tentu membuat Anda merasa serbasalah. Namun, kini Anda tak perlu bingung lagi. Banyak penelitian telah membuktikan manfaat SPF lotion bagi kesehatan dan kecantikan kulit; seperti mencegah sunburn, memperlambat penuaan dini, hingga mengurangi risiko kanker kulit. 


Pada prinsipnya, semua produk yang dijual di pasaran pasti sudah melalui berlapis-lapis tahap pengujian. Semua kandungan yang terdapat dalam suatu produk harus mendapat persetujuan dari badan terkait, misalnya pemeriksaan oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Indonesia atau FDA (Food and Drug Administration) di Amerika Serikat. 


Saat suatu produk beredar di pasaran, artinya produk tersebut aman untuk digunakan. Hingga kini belum ada studi yang membuktikan kandungan SPF lotion bersifat merugikan bagi kesehatan. Ini tentu menegaskan manfaat SPF lotion yang pasti jauh lebih besar dibandingkan dampak buruk yang masih sebatas isu.

Benarkah Kandungan dalam SPF Lotion Bisa Memicu Kanker Kulit?

    Tips dari Vaseline


    Pilihlah SPF lotion dengan SPF minimal 30, broad-spectrum, dan tahan air (tergantung keadaan kulit). Vaseline Healthy White Serum memenuhi ketiga kriteria tersebut sehingga sangat cocok untuk melindungi kulit Anda. Selain itu, varian produk Vaseline ini mengandung vitamin B3 dan antioksidan untuk mencegah pembentukan melanin pada kulit. Gunakan SPF lotion dengan cara yang benar dan jumlah yang cukup untuk mendapatkan perlindungan kulit secara maksimal.



    Cari tahu lebih banyak tentang tips dan fakta kulit sehat di halaman Kesehatan Kulit. >