Apakah Wanita Berhijab Perlu SPF Lotion?

Hijab dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Namun, benarkah memakai hijab berarti tidak perlu menggunakan SPF lotion?

Pakaian dan hijab merupakan salah satu bentuk perlindungan agar sinar matahari tidak langsung mengenai kulit. Meski demikian, bukan berarti kita bisa beraktivitas di bawah sinar matahari langsung tanpa perlindungan SPF lotion. Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan agar kita tetap dapat beraktivitas di bawah sinar matahari dengan aman.

 

Mengenakan hijab adalah salah satu tata cara berpakaian yang sopan. Kata, “hijab” berasal dari bahasa Arab yang berarti “penghalang”. Hijab memang menjadi penghalang yang membuat sinar matahari tidak langsung mengenai kulit. Semakin banyak bagian kulit yang terlindungi dari matahari, akan semakin baik pula dampaknya untuk kulit kita. Namun, ada banyak faktor yang turut memengaruhi kemampuan hijab dalam menahan sinar matahari.

 

Kain terbuat dari serat halus yang saling mengikat satu sama lain. Kerapatan serat kain akan memengaruhi paparan sinar matahari pada kulit. Semakin rapat tekstur sehelai kain, celahnya juga akan semakin kecil sehingga semakin sedikit sinar matahari yang mampu menembus dan mencapai kulit.

 

Salah satu contohnya adalah perbedaan antara bahan sifon dan denim. Bahan denim mampu menahan sinar matahari lebih baik dibandingkan bahan sifon. Ini karena bahan sifon memiliki jalinan serat lebih renggang daripada denim.

 

Material penyusun kain juga berbeda-beda. Ada yang terbuat dari serat katun, wol, nilon, poliester, lycra, dan aneka material lainnya. Serat yang bersifat elastis cenderung menahan sinar lebih baik dibandingkan serat lainnya. Tarikan pada serat elastis mampu menarik serat sekitarnya menjadi jalinan yang lebih rapat. Serat sintetis seperti poliester, lycra, dan nilon memiliki manfaat perlindungan yang lebih baik daripada serat alami seperti katun.

 

Hal yang sama juga terjadi pada kain dengan serat berkilap. Serat kain berkilap membuat sinar matahari yang dipantulkan jadi lebih banyak. Kulit pun tidak menyerap sinar matahari secara berlebihan.

 

Selain kerapatan serat kain dan material penyusunnya, warna kain juga memengaruhi manfaat perlindungannya untuk kulit. Kain berwarna gelap akan menyerap sinar lebih banyak dibandingkan warna cerah. Kain berwarna cerah lebih ampuh melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 

Meski sudah memakai hijab, sebaiknya penggunaan SPF lotion tidak ditinggalkan demi memberikan manfaat perlindungan maksimal bagi kulit. Pilih lotion dengan kandungan SPF minimal 24 yang memberikan 96 persen perlindungan dari sinar matahari. Gunakan kembali SPF lotion tersebut setiap 2-4 jam ketika sedang beraktivitas di luar ruangan.

Apakah Wanita Berhijab Perlu SPF Lotion?
  • 1
    Tips dari Vaseline

    Meski berhijab, kulit Anda tetap membutuhkan perlindungan dari dalam dengan menggunakan SPF lotion. Anda bisa menggunakan Vaseline Healthy White SPF 24 untuk aktivitas sehari-hari. Lotion ini mengandung bahan-bahan aman, seperti Vitamin B3 alami dan penghambat melanin khusus yang menghentikan produksi melanin. SPF 24 dan PA++ akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dan menjaga kecerahan kulit dari kerusakan lebih lanjut.

     

    Ditulis oleh:
    dr Meliawati SpKK
    Anggota Redaksi Medis