Yuk Cari Tahu Apa Saja Penyebab Kulit Kering?

Kulit Anda kering, kusam, dan mudah gatal? Jangan abaikan keadaan tersebut. Segera cari tahu penyebab kulit kering agar kondisi kulit sehat Anda dapat dikembalikan.

Masalah kulit kering kerap dialami banyak orang. Beberapa bagian kulit tubuh yang mudah kering adalah tangan, lengan, dan kaki bagian bawah. Sayangnya, gejala kulit kering yang tidak terlalu jelas membuat orang tidak menyadarinya.

Gejala paling sering adalah rasa kencang atau gatal yang tidak disertai peradangan. Hal ini terjadi karena kulit kering cenderung tidak elastis. Saat tubuh bergerak, permukaan kulit akan “retak” dan menimbulkan sensasi gatal. Berikut beberapa faktor penyebab kulit kering yang patut Anda ketahui.

Selain Karena Fakor Internal, Kulit Kering Juga Disebabkan Oleh Faktor Internal

Yuk Cari Tahu Apa Saja Penyebab Kulit Kering?
  • 1
    Penyebab eksternal:

    Penyebab Kulit Kering Dari Faktor Eksternal

    Cuaca dingin dan kelembapan udara rendah biasanya bukan masalah besar bagi negara tropis seperti Indonesia. Indonesia juga salah satu negara tropis dengan kelembapan udara tergolong tinggi. Seiring meningkatnya penggunaan pendingin udara, risiko kulit kering semakin meningkat. Suhu AC terlalu dingin dapat menyebabkan lingkungan kurang lembap dan membuat kulit kering bila terlalu sering berada dalam ruangan.

     

    Mandi dengan air terlalu panas menyebabkan kelembapan alami kulit mudah hilang dan membuat kulit mudah kering. Pastikan temperatur air mandi Anda tidak terlalu panas agar kelembapan kulit tetap terjaga.

     

    Mandi terlalu lama membuat semakin banyak air yang menguap dari tubuh. Kulit memang melakukan kontak langsung dengan air ketika mandi. Namun setelah mandi, air di permukaan tubuh justru menguap dan berisiko membuat kulit kering . Untuk menjaga kelembapan kulit, batasi waktu mandi sekitar 5-10 menit saja.

     

    Penggunaan sabun atau bahan antiseptik berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi kencang dan kesat. Rasa kesat setelah mandi bukan berarti kulit bersih, melainkan tanda lapisan minyak alami kulit hilang dan kulit menjadi kering. Semakin sering terkena sabun, semakin banyak lapisan minyak pada kulit yang hilang. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda berlebihan menggunakan bahan antiseptik.

     

    Terlalu sering menggosok tubuh (scrubbing) saat mandi malah membuat permukaan kulit menjadi rusak. Penggunaan alat bantu mandi seperti batu apung, spons kasar, atau bahan kasar lainnya memang membuat kulit terasa lebih bersih. Namun, sebaiknya hanya gunakan tangan atau lap lembut untuk membersihkan tubuh.

     

    Gesekan berlebihan antara tubuh dan handuk membuat permukaan kulit menjadi kering. Setelah mandi, mayoritas orang terbiasa mengeringkan tubuh dengan cara menggosok-gosokkan handuk pada seluruh bagian tubuh. Mengeringkan tubuh dengan menepuk-nepuk handuk secara lembut dapat menjaga kelembapan kulit Anda. jangan lupa gunakan produk pelembap untuk mempertahankan kelembapan kulit Anda sepanjang hari.

     

    Konsumsi obat tertentu dapat menyebabkan kulit kering. Jenis obat yang bisa menyebabkan kulit kering antara lain obat jerawat, darah tinggi, dan kolesterol.

  • 2
    Penyebab internal:

    Penyebab Kulit Kering Dari Faktor Internal

    Pertambahan usia juga turut memengaruhi kelembapan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi pelembap alami pada kulit juga semakin menurun.

     

    Faktor genetis dan riwayat keluarga dapat juga menyebabkan beberapa gangguan kulit. Hal ini menyebabkan komposisi dan struktur kulit berbeda dengan orang normal. Perbedaan komposisi dan struktur kulit akan meningkatkan risiko kulit kering dan sejumlah gangguan kulit lainnya.

     

    Penyakit lain yang mencetuskan gangguan kulit seperti psoriasis, dermatitis atopik, diabetes, dan kelainan kelenjar tiroid. Penyakit-penyakit tersebut sering dikaitkan dengan kondisi kulit kering. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk menangani penyakit tersebut dan mencegah kondisi kulit kering.

Segala penyebab kulit kering harus segera diatasi hingga tuntas. Kulit kering akan mudah mengalami iritasi, menimbulkan gatal, dan dapat mengganggu aktivitas Anda. Beberapa kebiasaan sehat sehari-hari bisa menjadi cara mudah untuk memperbaiki kulit.

 

Mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup serta rutin menggunakan produk pelembap akan menjaga kesehatan kulit Anda setiap saat. Bila masalah kulit kering masih berlanjut, sebaiknya Anda lekas berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

 

Tips dari Vaseline
Gejala kulit kering tidak terlalu jelas sehingga orang kerap tidak menyadarinya. Karena itu, mengetahui apa saja peyebab dan gejala kulit kering dapat membantu Anda mencegahnya. Gunakan body lotion Vaseline secara rutin untuk tetap menjaga kelembapan kulit.

 

Ditulis oleh: dr Meliawati SpKK
Anggota Redaksi Medis Klikdokter.com



Cari tahu lebih banyak tentang tips dan fakta kulit sehat di halaman Kesehatan Kulit. >