Agar Kulit Sehat, Jangan Lupakan Pelembap

Penggunaan pelembap kerap dilupakan. Padahal, menggunakan pelembap secara teratur akan membuat kulit jadi lebih sehat dan segar.

Kulit merupakan organ terluas pada tubuh manusia yang terdiri atas berbagai komponen seperti air, protein, lemak, mineral dan kandungan kimia lainnya. Berat kulit orang dewasa berbobot normal dapat mencapai 5 kg dan luas sekitar 2 meter persegi. 


Beberapa fungsi penting organ kulit bagi kesehatan tubuh yaitu:


● Perlindungan fisik terhadap gaya mekanik, sinar ultraviolet, dan bahan kimia

● Pengaturan suhu tubuh

● Organ pengindra (merasakan)

● Pembentukan vitamin D

Agar Kulit Sehat, Jangan Lupakan Pelembap
Lapisan terluar kulit yang dikenal dengan istilah stratum corneum senantiasa melakukan regenerasi setiap 28 hari sekali. Ketika proses regenerasi berlangsung, bagian terluar kulit akan mengelupas dan digantikan oleh sel-sel kulit baru. Tak perlu khawatir dengan proses regenerasi ini karena tidak akan menimbulkan bekas atau rasa sakit.

Dalam kondisi tertentu, regenerasi kulit tidak terjadi sebagaimana mestinya. Beberapa kondisi kelainan yang menghambat regenerasi kulit yaitu dermatitis atopi (kelainan kulit yang disebabkan alergi), psoriasis (regenerasi kulit terjadi lebih cepat daripada 28 hari), iktiosis (kulit kering parah karena faktor bawaan), dan dermatitis kontak (kelainan kulit akibat bahan penyebab iritasi seperti detergen).
Penggunaan pelembap bagi penderita kelainan kulit tersebut menjadi sebuah keharusan. Selain untuk melembapkan kulit, produk pelembap tak sekadar menjadi pencegah, tapi juga tindakan pengobatan.
  • 1
    Pentingnya Pelembap bagi Kulit
    Kulit senantiasa melakukan kontak langsung dengan lingkungan dan beragam jenis zat. Tidak mengherankan jika kulit jadi rentan kering. Beberapa kebiasaan sepele yang dapat membuat kulit semakin kering misalnya mandi dengan air hangat, berendam, menggosok kulit berulang-ulang ketika mandi, dan menggunakan sabun antiseptik. 
     
    Untuk mencegah dan mengatasi kulit kering, penggunaan produk yang dapat melembapkan kulit  harus dilakukan secara rutin. Ini supaya kulit senantiasa halus dan lembut. Dalam kondisi normal, pemakaian pelembap dianjurkan untuk menjaga kulit agar senantiasa sehat. Perawatan kulit memang sangat penting. Kulit yang kering, kasar, dan pecah-pecah biasanya lebih mudah mengalami infeksi dan iritasi.
     
    Penggunaan pelembap yang mengandung tabir surya (triple sunscreens) dianjurkan untuk mencegah timbulnya flek kecoklatan pada kulit. Selain itu, kandungan vitamin B3 dalam pelembap juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, halus, lembut, dan sehat. 
  • 2
    Tips dari Vaseline

    Merawat kesehatan dan kecantikan kulit tubuh sama pentingnya dengan kulit wajah. Rangkaian lotion Vaseline Healthy White dengan micro droplet dari Vaseline Jelly mampu memperbaiki dan melembapkan kulit sampai ke dalam dan secara bersamaan melindunginnya dari kegiatan kita sehari-hari seperti matahari dan polusi. Penggunaannya secara rutin mampu membantu agar kulit tubuh tampak cerah dan sehat secerah kulit wajah Anda!


    Ditulis oleh:

    dr Meliawati SpKK

    Anggota Redaksi Medis

    Klikdokter.com


    Sumber:

    1. Buku Ajar Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Ed Ketujuh. 2015

    2. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3016930/

    3. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4086530/